Rabu, 26 Desember 2012

fenomena psikoterapi dalam internet




Jauh sebelum ditemukan teknik pengobatan untuk menyembuhkan orang sakit, telah disadari bahwa dengan menanamkan atau meningkatkan perasaan sehat dapat menolong untuk mengurangi penderitaan bahkan kadang diyakini dapat menyembuhkan si sakit.
  
Kekuatan-kekuatan tertentu seperti ilmu gaib, takhayul dan kekuatan-kekuatan diluar akal sehat yang dimiliki oleh sesepuh, orang pintar, sampai tokoh-tokoh agama mewarnai cara-cara penyembuhan berabad-abad lalu, yang bahkan masih dapat kita temukan dizaman sekarang ini. Berabad kemudian, muncul tokoh seperti Aristoteles dan Hipokrates yang kemudian dikenal sebagai bapak kedokteran moderen pada zaman Yunani kuno. Mereka menggunakan teknik psikoterapi untuk menangani penderita sakit jiwa seperti rekreasi, istirahat, pantang makan, pemijatan dan latihan fisik. Akan tetapi teknik dari Hipokrates ini kembali tenggelam saat zaman Romawi yang mengedepankan kekuatan-kekuatan supernatural. Perkembangan selanjutnya tercatat pada abad 18, tepatnya ketika tahun 1780, ketika Pinel memperkenalkan pendekatan baru dalam menangani penderita sakit jiwa melalui sikap ramah di rumah sakit. Awal abad 19 Benjamin Rush memperkenalkan teknik perubahan perilaku. Disaat yang hampir bersamaan Dorothea Lynde Dix mengingatkan bahwa penderita sakit jiwa juga mempunyai kebutuhan akan kebebasan fisik.

Fenomena Psikoterapi di Internet

Semakin pesat perkembangan teknologi, semakin banyak pula orang yang menggunakannya dengan berbargai tujuan, selain untuk berbisnis, mencari teman, mencari informasi, saat ini internet juga digunakan untuk melakukan psikoterapis oleh para psikolog.
Sekarang banyak sekali tes-tes psikologi yang dapat kita temukan diinternet. kita tidak pelu repot -repot datang ke psikolog, karena situs ini bisa diakses dimana saja.
Lalu adakah dampak positif dan negativenya  dari psikoterapis online ini? Apa saja situs situs yang menyediakan psikoterapis online ini?
Dampak positif dari psikoterapi online ini antara lain : bisa mengikuti tes secara garatis, hasilnya cepat diketahui, bisa mencoba berkali-kali, dan bisa dilakukan kapan saja.
Dampak negativenya bisa saja hasil yang didapatkan kurang akurat karena kita tidak bisa mengkonsultasikan kepada psikolognya langsung, alat tes psikologi bisa saja jadi tak rahasia lagi, dan lain sebagainya.
Adapun situs yang menyediakan psikoterapi oline itu adalah :
lebih dan kurangnya mohon maaf hanya sebagian kecil yang saya ambil semoga bermanfaat.....

sumber: http://code-name-djjal.blogspot.com/2012/03/sejarah-hypnosis-psikoterapi-dan.html
               http://megha-blogs.blogspot.com/2012/12/fenomena-psikoterapi-di-internet.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar