Minggu, 27 November 2011

ibd ke 8

manusia dan pandangan hidup

Pandangan hidup adalah Pemikiran seorang manusia mengenai apa yang ingin ia lakukan di waktu yang akan datang. Pandangan hidup itu sendiri akan muncul jika manusia tersebut sadar dengan apa yang dia lakukan hari ini kurang baik dan ia berfikir untuk memperbaikinya demi masa yang akan datang. Sehingga pada masa yang akan datang nantinya, ia akan menjadi lebih baik dari pada yang sebelumnya.

Ada beberapa macam sumber pandangan hidup, yaitu :
1. Pandangan hidup yang bersifat mutlak, yang berasal dari agama.
2. Pandangan hidup menurut ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan adat tempat ia tinggal.
3. Pandangan hidup yang berasal dari renungan pada diri manusia itu sediri.
Pandangan hidup seorang muslim
Pandangan hidup seorang muslim, dapat dikaitkan dengan pedoman atau amalan-amalan yang diberikan nabi untuk umatnya dalam agama islam. Pandangan seorang muslim ialah tidak patah semangat dalam menjalani hidup dan mencoba untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi.

ideology
Ialah pengertian yang berdasarkan ilmu teori, yang bisa dikatakan pendapat seseorang yang didapat dari fakta, shingga munculah ideology.
Cita-Cita
Cita-cita adalah suatu keinginan, harapan dan tujuan yang dilandasi oleh pikiran manusia. Cita-cita dalam diri manusia merupakan hal yang ingin mereka peroleh atau dapatkan. Contohnya ialah seorang anak manusia yang ketika melihat polisi menangkap seorang penjahat, karena melakukan kejahatan kepada ibunya. Lalu dalam diri anak itu timbul untuk melindungi ibunya maupun orang lain ketika mendapatkan masalah dari para penjahat diluar sana. Dari hal tersebutlah anak ini barupaya agar kelak dia dapat menjadi seorang polisi yang dapat melindungi masyarakat. Dan hal inilah yang disebut dengan cita-cita

Kebajikan
Kebajikan adalah perbuatan yang dapat mendatangkan suatu kebaikan. Yang didorong oleh suara hati.
Jadi kebajikan dilandasi oleh perbuatan baik, yang dibarengi oleh tingkah laku manusia.
Faktor-faktor yang menetukan tingkah laku seseorang adalah dimana lingkungan tempat ia tinggal dan pergaulan sehari-hari orang tersebut.
Usaha atau Perjuangan
Usaha atau Perjuangan ialah suatu tekad atau niat yang dilakukan dalam meraih suatu tujuan. Usaha dapat diartikan pendorong manusia untuk maju. Dapat dicontohkan : missal seorang anak sekolah yang mempunyai cita-cita atau keingingan menjadi seorang programmer kelak jika sudah besar. Lalu dari cita-cita tersebut ia berusaha dan belajar demi menjadi seorang programmer. Itulah yang dinamakan sebuah usaha.
3 Aliran Filsafat
Naturalisme
a. Pandangan hidup yang segalanya berawal dari tuhan sang pencinta alam.
Intelektualisme
Pandangan hidup yang berdasarkan logika atau akal pikiran manusia dalam setiap peristiwa yang pernah ia alami.
Gabungan
Ialah pandangan hidup yang berasal dari naturalisme dan intelektualisme. Dan berdasarkan dari tuhan dan akal pikiran manusia itu sendiri.

b.
Keyakinan atau kepercayaan



Keyakinan atau kepercayaan adalah dasar pandangan hidup manusia yang didasari oleh akal pikiran dan perasaan seorang manusia itu sendiri.
Study Kasus : Semua manusia itu mempunyai pandangan hidup, agar mereka dapat melakukan perubahan pada dirinya di masa yang akan datang. Perubahan tersebut dapat berupa keberhasilan, contohnya dalam hal ekonomi yang lebih membaik. Tetapi ada juga sekumpulan orang yang memiliki pandangan hidup tetapi tidak dibarengi oleh tindakan dengan bekerja keras


Tidak ada komentar:

Posting Komentar